Cuplikan Unggulan di Hasil Penelusuran Google

Posted on

Terkadang saat kita melakukan pencarian di Google dengan kata kunci tertentu akan muncul cuplikan unggulan yang berada di bagian paling atas dari hasil penelusuran. Memang tidak semua kata kunci atau keyword akan memunculkan cuplikan tersebut. Cuplikan tersebut menurut Google “Ketika menyadari ada kueri yang mengajukan suatu pertanyaan, secara terprogram kami mendeteksi laman yang menjawab pertanyaan pengguna tersebut dan menampilkan sebuah cuplikan sebagai cuplikan unggulan di laman penelusuran.”

Ini contoh cuplikan Unggulan

Terus terang, baru kali ini blog saya muncul di cuplikan unggulan seperti gambar di atas, biasanya yang paling sering adalah hasil cuplikan dari situs wikipedia. Perlu diketahui bahwa hasil penelusuran tersebut saya dapatkan dengan kondisi PC dan internet baru saja dimulai, dengan kata lain belum login ke Google, cache dan histori browser kosong termasuk IP address internet. Setelah melihat hasil tersebut, langsung saya buat artikel ini.

Penasaran, langsung saya coba klik “tentang hasil ini” untuk menemukan jawabannya. Sebelumnya saya tidak begitu peduli dengan hal ini. Inilah jawabannya yang saya kutip dari laman  https://support.google.com/webmasters/answer/6229325?hl=id-ID

Cuplikan unggulan di penelusuran Google

 

Ketika pengguna mengajukan pertanyaan di Google Penelusuran (menelusuri hasil dengan kata kunci), kami (Google) mungkin menampilkan ringkasan jawaban dalam blok cuplikan unggulan khusus di bagian atas laman hasil penelusuran. Blok cuplikan unggulan ini mencakup ringkasan jawaban yang diekstrak dari laman web, tautan ke laman, judul laman, dan URL.

Ringkasan ini adalah cuplikan yang diekstrak secara terprogram dari laman web. Yang berbeda pada cuplikan unggulan adalah cuplikan unggulan disempurnakan untuk menarik perhatian pengguna di laman hasil. Ketika menyadari ada kueri yang mengajukan suatu pertanyaan, secara terprogram kami (Google) mendeteksi laman yang menjawab pertanyaan pengguna tersebut dan menampilkan sebuah cuplikan sebagai cuplikan unggulan di laman penelusuran.

Dengan demikian, Google akan mencari artikel situs (yang ada di database) yang sekiranya sesuai dengan maksud dan tujuan pengguna Google dengan kata kunci, frase, kueri yang telah ditulis. Lantas apakah kita bisa membuat atau menciptakan cuplikan unggulan tersebut?

Jawaban Google. Anda tidak dapat melakukannya. Secara terprogram, Google akan menentukan apakah suatu laman berisi jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan pengguna, dan menampilkan hasilnya sebagai cuplikan unggulan.

Namun, jika kita tidak ingin artikel blog menjadi cuplikan unggulan, dapat menggunakan meta tag di <head>

  <meta name="googlebot" content="nosnippet">

Tapi itu sebaiknya tidak dilakukan karena dengan menjadi “cuplikan unggulan” merupakan keuntungan terbesar dalam SEO yaitu dapat menjaring pengunjung dan tidak semua artikel blog dapat tampil sebagai cuplikan.

Saya sendiri tidak tahu bagaimana salah satu artikel di blog saya bisa menjadi cuplikan unggulan, jadi jangan tanya bagaimana caranya karena itu hak prerogratif dari Google. Namun kalau ingin Tampil Baik Dalam Hasil Pencarian masih bisa diusahakan, dalam arti bukan posisi (SERP) melainkan hanya tampilannya.

 

Cuplikan unggulan – Lentera Belajar SEO

One thought on “Cuplikan Unggulan di Hasil Penelusuran Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *