Sejarah Search Engine Optimization (SEO)

Posted on

Untuk mengetahui sejarah asal-usul Search Engine Optimization (SEO) memang sulit.  SEO atau dalam bahasa Indonesia diartikan optimasi mesin pencari  tidak diketahui secara jelas (etiologi) kelahirannya. Namun, secara umum, optimasi mesin pencari atau SEO menyiratkan sejarah yang relevan dengan pengembangan mesin pencari dan internet.

Kita kembali ke tahun 1958 ketika AT & T memperkenalkan modem komersial pertama, yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi melalui saluran telepon biasa. Boleh dikatakan bahwa ini merupakan awal dari internet seperti yang ada saat ini. Namun istilah internet benar-benar digunakan pada Desember 1974 ketika ada permintaan untuk komentar (RFC) 675 yang dipublikasikan lewat Internet Transmission Control Program. Pada waktu yang sama, “Internet” secara umum digunakan sebagai ARPANET yang saling terkait dengan NSFNet dimana setiap internetwork menggunakan TCP/IP.

Sejarah Mesin Pencari

Setelah internet semakin berkembang, muncul wawasan terhadap kebutuhan yang lebih besar yaitu bagaimana mengatur dan menemukan data yang didistribusikan oleh pengembang dengan menciptakan beberapa cara agar pengguna dapat mencari informasi dengan mudah. Kebutuhan ini kelak akan tercipta mesin alat pencarian.

Mesin pencari diidentifikasi pertama kali pada tahun 1990 yang diciptakan sebagai proyek sekolah berisi indeks atau arsip berbasis teks yang berupa file yang dapat dibagikan lewat File Transfer Protocol (FTP). Sehingga muncul nama “Archie” karena nama parameter panjang. Mesin pencari ini tidak menyerupai bentuk seperti saat ini dengan antarmuka yang menarik serta menggunakan algoritma kompleks dalam mengumpulkan dan mengorganisir informasi yang ada.

Seperti Internet, alat mesin pencari berkembang sebagai kemajuan yang dibuat dalam teknologi dan sebagai kebutuhan. Misalnya, pada tahun 1992, Gopher menjadi mesin pencari pertama yang menggunakan paradigma hypertext. Setahun kemudian, web browser Mosaic grafis ditingkatkan antarmuka berbasis teks Gopher. Pada waktu yang sama, Wandex menjadi mesin pencari pertama yang menjelajah pengindeksan web yang ada di internet. Mulai tahun 1998, bentuk mesin pencari yang seperti sekarang mulai dibangun dan dikembangkan.

Sejarah Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) tumbuh dari pengembangan mesin pencari dan World Wide Web (internet). Mesin pencari telah dirancang untuk melakukan pencarian dengan menggunakan bahasa alami (bahasa manusia sehari-hari) yang memiliki relevansi hasil yang signifikan. Oleh karena itu dengan adanya mesin pencari di internet membuka konsep e-commerce dan internet marketing yang merupakan jalan baru bagi perusahaan untuk menemukan nilai dalam menciptakan dan mempromosikan situs web mereka. Tentu saja tujuan utama adalah agar penjualan yang lebih baik bisa diperoleh.

Internet tidak hanya menarik dan bagus untuk mendapatkan informasi, tetapi bisa sebagai pembuat uang industri yang layak. Misalnya pada tahun 1994, Greg Boser menemukan bahwa ia bisa menggunakan Internet untuk menjual peralatan busa pelindung untuk kebakaran. Dia membangun sebuah situs web dan mulai mencari cara untuk mendorong pelanggan potensial agar berkunjung ke situsnya untuk membuat transaksi penjualan.

Demikian juga pada tahun 1996, Christine Churchill menemukan potensi pemasaran lewat internet setelah dia membangun website untuk perusahaan dimana dia bekerja. Lalu ia bersama rekannya mencoba mengembangkan perangkat lunak cara mengefektifkan internet marketing untuk mengurangi beban pemasaran. Tak lama kemudian, dia menciptakan sebuah perusahaan online yang menjual perangkat lunak tersebut. Kisah ini telah dieksplorasi sebagai salah satu sejarah SEO.

Banyak pionir awal dari pemasaran internet bertemu dan belajar dari satu sama lain baik secara langsung atau melalui langganan ke email newsletter pemasaran yang terkait dengan bidang baru ini yaitu pemasaran pencarian Internet. Misalnya pada tahun 1995, John Audette membentuk Multi-Media Marketing Group (MMG) di Lake Oswego. John awalnya berencana untuk membantu perusahaan dengan proyek-proyek multi-media, tetapi dengan meningkatnya penggunaan web untuk pemasaran online, ia menemukan peluang besar di dalamnya dan mendirikan perusahaan MMG.

John kemudian merekrut pionir SEO terkenal Danny Sullivan untuk mengajar stafnya tentang pengetahuan dan trik hasil peringkat pencarian untuk perdagangan, dan ia kemudian menciptakan istilah “Search Engine Optimization” di bulan Juni tahun 1997 atas trik tersebut. (catatan: penggunaan pertama dari istilah SEO ini belum dikenal).

Danny Sullivan, co-founder Search Engine Land pada bulan April 1996 memposting penelitian tentang mesin pencari yang kemudian lebih dikenal dengan A Webmaster’s Guide To Search Engines”. Sejak itu, Sullivan menjadi terkenal dan dianggap sebagai pioner SEO.  Pada Juni tahun 1997, Danny Sullivan membuat website Search Engine Watch yang banyak mengulas tips tentang cara untuk mendapatkan hasil yang baik pada mesin pencari. Belakangan, Search Engine Watch dianggap Matt Cutts dari Google dan Tim Mayer dari Yahoo sebagai sebagai “harus membaca” dan “sumber yang paling otoritatif” untuk pengetahuan tentang mesin pencarian.

Pengembangan Search Engine Optimization (SEO)

Berdasarkan catatan di atas, sejarah munculnya SEO adalah berawal dari pemasaran Internet melalui website yang dimilikinya. Mereka menganggap pengoptimasian web sangat penting. Untuk itu mereka berusaha mencari cara bagaimana agar website memiliki peringkat yang lebih tinggi di hasil mesin pencari atau menuju puncak di mesin pencari.

Mengoptimalkan website akan meningkatkan lalu lintas dan itu merupakan peluang untuk mendapatkan transaksi. Namun pelopor tersebut tidak sadar bahwa mereka terlibat dalam kegiatan GOTOTSE (Go On Top Of The Search Engine) yang dikenal sebagai kegiatan “pemasaran mesin pencari” atau “optimasi mesin pencari” seperti istilah yang digunakan saat ini yaitu SEO.

Pelopor SEO pun belajar dari satu sama lain dan kadang-kadang bersaing satu sama lain untuk menemukan metode baru dalam mengoptimalkan pencarian. Seperti perkembangan teknologi internet, perkembangan komputer dan gadget, algoritma mesin pencari dan lain sebagainya.

Meskipun telah lebih dari 20 tahun mesin pencari sudah ada, namun tidak semua fakta dapat diketahui tentang sejarah SEO. Setidaknya usaha untuk meningkatkan pemasaran melalui internet merupakan langkah awal sejarah untuk mengoptimasi mesin pencari atau SEO.  SEO akan terus berevolusi menjadi bentuk baru.

Untuk penggunaan istilah SEO pertama kalinya, akan dibahas lebih lanjut.

 

Sejarah Search Engine Optimization (SEO) – Belajar SEO

2 thoughts on “Sejarah Search Engine Optimization (SEO)

  1. Ping-balik: Siapa Yang Menciptakan Istilah SEO? | Lentera SEO
  2. Ping-balik: SEO Pernah Dipatenkan Sebagai Merek Dagang | Lentera SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *