Bagaimana Mesin Pencari Google Bekerja

Posted on

Bagaimana Mesin Pencari Google Bekerja? Sebelum kita belajar SEO sebaiknya mengetahui dasar-dasar bagaimana cara kerja mesin pencari Google melakukan penelusuran terhadap website yang ada di internet. Berikut penjelasan Matt Cutts kepala pengendali kualitas di Google.

 

 

Hai, nama saya Matt Cutts. Insinyur dalam grup kualitas di Google dan hari ini saya ingin berbicara tentang apa yang terjadi ketika Anda melakukan penelusuran web. Hal pertama yang perlu dipahami adalah saat melakukan penelusuran Google, Anda tidak benar-benar menelusuri web, Anda menelusuri indeks web milik Google, atau setidaknya sebanyak itulah yang dapat kami temukan.

Kami melakukannya dengan program perangkat lunak bernama spiders. Spiders memulai dengan mengambil beberapa laman web, lalu mengikuti tautan pada laman tersebut dan mengambil laman yang dituju, dan mengikuti semua tautan pada laman tersebut serta mengambil laman yang tertaut dan seterusnya, hingga kami mengindeks potongan web yang cukup besar–miliaran laman yang disimpan di ribuan komputer.

Sekarang, anggap saya ingin tahu secepat apa cheetah berlari. Saya mengetikkan penelusuran, katakanlah, kecepatan berlari cheetah dan menekan enter. Perangkat lunak kami akan menelusuri indeks kami untuk menemukan setiap laman yang mencakup istilah tersebut. Dalam kasus ini, ada ratusan dari ribuan hasil yang mungkin. Bagaimana Google menentukan dokumen yang benar-benar saya inginkan?

Dengan bertanya –lebih dari 200 pertanyaan. Misalnya, berapa kali laman ini berisi kata kunci Anda? Apakah kata tersebut muncul dalam judul, URL, berdekatan secara langsung? Apakah laman berisi sinonim kata? Apakah laman ini dari situs web yang bermutu atau berkualitas rendah, bahkan mengirim spam?

Bagaimana PageRank laman tersebut? Itu adalah formula yang ditemukan oleh pendiri kami, Larry Page dan Sergey Brin yang menilai pentingnya laman web lewat berapa banyak tautan luar menuju ke situ, dan seberapa penting tautan tersebut.

Akhirnya, kami menggabungkan semua faktor jadi satu untuk hasilkan skor keseluruhan tiap laman dan mengirim hasil penelusuran kembali pada Anda setengah detik setelah Anda mengirim penelusuran.

Di Google, kami berkomitmen memberi hasil penelusuran yg berguna & tak memihak dengan serius. Kami tak pernah menerima bayaran untuk menambah situs ke indeks, memperbaruinya lebih sering, atau meningkatkan peringkatnya. Lihat hasil penelusuran saya.

Tiap entri meliputi judul, URL, dan cuplikan teks untuk membantu saya menentukan apakah laman ini yang saya cari. Saya juga melihat tautan ke laman yang mirip, versi penyimpanan Google terbaru dari laman tersebut, dan penelusuran terkait yang mungkin ingin saya coba nanti.

Kadang, di sepanjang sisi kanan dan atas, saya melihat iklan. Kami juga menangani bisnis periklanan dengan serius, memberikan pemirsa terbaik yang mungkin untuk pengiklan dan berusaha hanya menampilkan iklan yang benar-benar ingin Anda lihat adalah komitmen kami. Kami sangat hati-hati dalam membedakan iklan Anda dari hasil penelusuran regular dan kami tak akan menampilkan iklan jika kami tak dapat menemukan apa pun yang dirasa dapat membantu Anda menemukan informasi yang dicari –yang dalam kasus ini yaitu kecepatan lari tertinggi cheetah adalah lebih dari 60 mil per jam.

Terima kasih, saya harap video ini membuat Google dapat lebih dimengerti. Bagaimana Mesin Pencari Google Bekerja.

 

 

Bagaimana Mesin Pencari Google Bekerja – Lentera Belajar SEO

One thought on “Bagaimana Mesin Pencari Google Bekerja

  1. Ping-balik: Sejarah asal-usul Search Engine Optimization (SEO)

Comments are closed.