Update PageRank Tidak Ada Lagi

Posted on

Matt Cutts (Kepala bagian Spam Google) Oktober 2013, memberikan sebuah isyarat bahwa kita mungkin  akan tidak melihat lagi Update Google Toolbar PageRank sebelum akhir tahun 2013. Tanpa di sangka-sangka, Google PageRank diperbarui pada 6 Desember 2013.  Namun sejak itu, Update PageRank tidak ada lagi sampai sekarang 2015.

PageRank (PR) merupakan rumus algoritma mesin pencarian ciptaan Larry Page pendiri google sebagai salah satu pedoman untuk menampilkan ranking di hasil mesin pencari Google. Kata Page bukan berarti halaman melainkan diambil dari nama Larry Page (Ingat, biasanya Nama orang bule yang depan adalah nama keluarga, kebalikan nama orang Indonesia). Meskipun rumus punya pemilik Google sendiri tetap dihargai dengan mengontrak rumus tersebut.

2012 banyak isu beredar bahwa tahun 2013 PageRank tidak diperpanjang kontraknya. Yang biasanya rata-rata update PR 4 kali dalam setahun, di tahun 2013 hanya dua kali, 4 Pebruari dan terakhir 6 Desember 2013 (tahun 2010 cuma 1 kali 3 april 2010). Th 2014 tidak ada update lagi sampai sekarang.

 

Update PageRank Tidak Ada Lagi

Menurut karyawan Google John Mueller di hangout Google+ “We will probably not going to be updating it [PageRank] going forward, at least in the Toolbar PageRank.” (Kita mungkin tidak akan akan memperbarui [PageRank] ke depan, setidaknya di Toolbar PageRank)

Namun di sisi lain, jika PR tidak digunakan lagi, mengapa penjelasan cara kerja Google search di webmaster tools tidak diubah/diperbarui (masih penjelasan lama). Bisa jadi Pagerank tetap digunakan namun toolbar PR sebagai indikator nilai PageRank sebuah website tidak lagi untuk dipublikasikan alias PageRank Tidak Ada Update Lagi