Perubahan Blogspot.co.id Mulai Terasa Positif

Posted on

Bagi pengguna blogger.com lewat layanan blog gratis dengan subdomain blogspot, sempat dibuat “kalang kabut” karena subdomain blogspot.com berubah menjadi blogspot.co.id jika diakses di Indonesia. Baca di sini: Di Indonesia Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id

Perlahan tapi pasti, saat ini perubahan blogspot.co.id mulai terasa positif bahkan dapat mengungguli subdomain aslinya yaitu blogspot.com. Hal ini terbukti dari hasil beberapa tools online yang menunjukan kinerja blogspot.co.id lebih baik daripada subdomain utamanya. Memang untuk SERP Google, masih sedikit hasil penelusuran dengan co.id dan mayoritas masih .com. Namun hal ini tidak menjadi masalah, mengingat url hanya bersifat redirect 302 yaitu pengalihan sementara.

Hasil analisa saya terhadap blog http://kanalarudam.blogspot.co.id yang dibuat sebulan yang lalu, dengan menggunakan tools, google PageSpeed Insights, GTMetrix dan Alexa Rank menunjukkan bahwa blogspot.co.id lebih unggul nilainya.

 

Hasil Analisa Pengaruh Blogspot.co.id

Hasil analisa menggunakan PageSpeed Insights menunjukkan blogspot.co.id lebih bagus daripada blogspot.com. Padahal awal mulai perubahan terjadi sebaliknya.

hasil PageSpeed Insights blogspot.com

Hasil untuk blogspot.com (atas) dan hasil blogspot.co.id (bawah)

hasil PageSpeed Insights blogspot.co.id

 

Sedangkan hasil dari GTMetrix juga menunjukkan blogspot.co.id lebih unggul di Pagespeeds dan Page load time

hasil gtmetrik blogspot.co.id

 

Sedangkan hasil analisa Alexa Rank, justru blog yang baru dibuat sebulan ini, No ranking jika menggunakan blogspot.com, sedangkan jika menggunakan blogspot.co.id justru telah mendapat ranking (meskipun tinggi 🙂 ) Awal perubahan, ini banyak dikeluhkan blogger karena dianggap sebagai blog baru jika menggunakan co.id. Perubahan ranking alexa juga saya lihat untuk blog blogspot milik saya lainnya, sekarang posisinya terbalik, blogspot.co.id lebih baik.

hasil analisa alexa rank

Dengan melihat hasil analisa beberapa tools online di atas, perubahan blogspot.co.id mulai positif dan tidak perlu dikhawatirkan lagi. Apalagi bagi pemain adsense, sudah bisa ditampilkan dengan menggunakan blogspot.co.id.

Untuk itu, saya sekarang untuk mencari backlink akan menggunakan tujuan blogspot.co.id daripada blogspot.com. Dan saya yakin blogger.com akan terus berbenah karena untuk https masih belum sempurna.

Catatan: Analisa dlakukan pada 12 februari 2016 pada blog baru.

 

One thought on “Perubahan Blogspot.co.id Mulai Terasa Positif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *