Di Indonesia Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id

Posted on

September 2015 banyak perubahan yang dilakukan oleh Google. Setelah mengganti logo Google baru ada banyak perubahan dilayanannya, salah satunya adalah telah mengubah subdomain blogspot.com menjadi blogspot.co.id untuk negara Indonesia.

Sebenarnya isu ini merebak pada sekitar Maret tahun 2013 lalu, bahwa blogger akan mengubah nama domain blogspot.com menjadi spesifik domain (TDLc) untuk setiap negara. Misalnya blogspot dibuka di Jerman, maka maka akan melihat blogspot sebagai subdomain.blogspot.de, sedangkan orang di Amerika akan tetap melihatnya sebagai subdomain.blogspot.com.

Blogger sudah melakukan perubahan domain spesifik pada beberapa negara. Saat ini giliran terjadi di Indonesia, tepatnya tanggal 3 September 2015, mengingat tanggal 2 saya masih melihat blogspot.com saat meng-update blog.

 

 

Pengaruh Perubahan Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id

 

Kemungkinan salah satu tujuan Google melakukan pengalihan domain spesifik untuk setiap negara adalah untuk mengantisipasi hukum IT yang berlaku di setiap negara. Dengan kata lain, seandainya blog yang anda buat melanggar hukum di suatu negara, maka blogspot blog anda tidak dapat diakses atau dihapus dari negara tersebut, namun masih bisa dibuka di negara lain. Saat ini negara-negara di Eropa telah menerapkan kebijakan pemberitahuan penggunaan cokie pada setiap situs.

Lantas, apakah ada pengaruh perubahan tersebut, terutama dari sudut SEO?

Kemungkinan pertanyaan ini akan muncul jika ada orang yang mempedulikan masalah SEO. Asumsi saya, jika ada 100 negara memiliki spesifik domain, seperti co.id, com.au, de, ga, co.uk, dan sebagainya, berarti untuk satu artikel saja akan ada di 100 domain yang berbeda. Bukankah itu akan menimbulkan duplikat artikel? Saya sendiri belum menemukan sumber yang menyatakan bahwa hal itu tidak akan terjadi.

Harapan saya, blogger telah memiliki pengaturan algoritma yang dapat mencegah efek akibat duplikat konten yang diakibatkan oleh penggunaan domain yang berbeda di setiap negara. Mengingat hal ini memang Google yang menentukan sendiri.

 

Ingin tetap melihat sebagai blogspot.com

Saat ini, subdomain blogspot sudah berubah menjadi blogspot.co.id untuk negara Indonesia. Namun jika ingin tetap mengakses versi blogspot.com bisa mengetik URL di address bar seperti berikut:

http://subdomain.blogspot.com/ncr.

Keterangan: ncr adalah singkatan dari “No Country Redirect“. 

 

Semoga informasi Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id bermanfaat untuk anda – Lentera SEO

8 thoughts on “Di Indonesia Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id

  1. mas saya mu tanya, menurut mas gimana pengaruhnya pada publisher Adsense? dan apakah kita harus merombak skrip2 iklannya??

    1. Untuk sementara bagi publisher Adsense lebih baik menunggu karena ini merupakan kebijakan Google. Jika mengubah script malah bisa berbahaya.

  2. It’s awesome to visit this website and reading the views of all colleagues concerning this article, while I am also eager of getting familiarity.

  3. Definitely believe that which you said. Your favourite justification seemed to be on the net the easiest factor to bear in mind of. I say to you, I certainly get irked while folks think about worries that they plainly do not recognize about. You managed to hit the nail upon the top as smartly as defined out the whole thing without having side-effects , other people can take a signal. Will likely be again to get more. Thank you

  4. Menakjubkan! Blog ini tampazk hanya seperti lama saya! Ini pada benar-benar berbeda subjek tetapi memiliki cukup banyak yang sama tata letak halaman ⅾan desain. besar pilihan warna!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *