6 Manfaat Internal Link Untuk SEO

Posted on

Setiap blogger pasti berpikir bagaimana untuk mendapatkan reputasi tinggi di mesin pencari maupun pengunjung blog. Salah usaha adalah menyediakan kualitas konten yang menarik karena konten merupakan nyawa blog. Akan tetapi ada salah satu unsur SEO yang perlu diperhatikan juga yaitu internal link. Strategi SEO onpage yang mengarahkan pengunjung maupun bot mesin pencari ke halaman lain dalam blog yang akan memberikan kontribusi nilai sama dengan halaman-halaman lainnya. Saya akan mencoba membahas tentang link internal dan manfaatnya untuk SEO.

manfaat internal link dalam seo

Apakah Internal Link Itu?

Internal link adalah hyperlink yang merujuk dari satu halaman ke halaman lain dalam domain atau situs yang sama. Link internal umumnya digunakan sebagai navigasi untuk menuju halaman lain. Sebagai contoh, di header di sidebar atau di footer biasanya terdapat menu kategori, arsip, artikel terbaru, populer dan lain sebagainya. Itu merupakan internal link yang artinya jika diklik masih tetap menuju ke dalam blog tersebut (meskipun terkadang dibuat membuka jendela baru).

Selain sebagai menu, tidak kalah penting adalah menempatkan internal link di dalam artikel. Keberadaan hyperlink di dalam artikel yang merujuk ke artikel lain dalam satu blog memiliki nilai yang cukup signifikan sebagai salah satu strategi SEO. Jadi katakanlah saat membuat posting artikel baru tentang belajar SEO, jika pembahasan artikel tersebut memiliki hubungan dengan artikel yang telah ada, maka kita dapat menghubungkan artikel baru tersebut dengan menggunakan link ke artikel terdahulu yang membahas seputar belajar SEO juga. Jadi apa manfaat dan keuntungan dari internal link tersebut?

6 Manfaat Internal Link Untuk SEO

1. Internal link bisa lebih user friendly 

Internal link membantu pengunjung agar lebih mudah menavigasi atau memandu dalam menelusuri isi situs lewat menu-menu yang ada. Selain itu, dengan menggunakan teks jangkar yang tepat pada artikel, pengunjung dapat diarahkan ke halaman lain yang relevan dengan halaman yang sedang dibaca. Jadi jika Anda sedang menulis artikel tentang uang, Anda bisa arahkan pengunjung ke artikel lain, kategori maupun tag yang masih berhubungan dengan uang dengan menggunakan link internal.

2. Internal link baik sebagai link juice

Internal link dan eksternal link (backlink) sama-sama penting dalam SEO. Jika kita berusaha mencari eksternal link (backlink) yang merupakan seo offpage maka internal link membantu dalam melewati link juice (perpindahan link) ke halaman lain dalam situs Anda. Misalnya katakanlah halaman ini memiliki 100 backlink, halaman lain juga akan mendapatkan beberapa link juice melalui internal link.

3.Internal link meningkatkan tampilan halaman

Seperti sudah disebutkan di atas penggunaan teks jangkar yang tepat dapat membantu pengunjung untuk menemukan konten yang relevan dan mungkin berguna, terkait dengan artikel yang dibaca. Dengan demikian, hal ini membantu dalam meningkatkan tingkat konversi situs. Pengunjung baru merasa terbantu dan dapat dengan mudah mengetahui struktur situs dengan link-link yang ada. Lebih-lebih jika pengunjung mengikuti link tersebut yang dapat meningkatkan tampilan halaman serta dapat meningkatkan peringkat Alexa.

4. Internal link membantu dalam meningkatkan PageRank

Meskipun Google PageRank sudah tidak dipublikasikan untuk umum namun Google tetap memberikan PageRank untuk halaman berdasarkan kualitas backlink. Sebuah halaman dengan PageRank tinggi akan melewati link juice ke halaman lain yang terkait secara internal. Halaman lain juga akan mendapatkan peringkat yang lebih baik di search engine karena aliran link dari halaman yang memiliki PageRank tinggi. Dengan demikian, situs akan terbantu  untuk mendapatkan lalu lintas pencarian organik.

5. Internal link mengurangi tingkat bouncing

Persentase pengunjung ke situs yang cuma sebentar dan hanya melihat satu halaman saja serta meninggalkan situs menyebabkan tingkat bouncing (pentalan) menjadi tinggi. Jadi jika artikel terhubung ke artikel lain yang terkait maka kemungkinan pengunjung akan berada lebih lama di situs yang pada gilirannya akan membuat tingkat bouncing lebih rendah.

6. Internal link membuat bot mesin pencari merayapi lebih baik dalam pengindeksan

Crawler (bot) mesin pencari saat ini lebih pintar dan dirancang dengan mengikuti pola pikir pengunjung situs. Untuk itu Crawler akan mengunjungi situs dan melewati semua link dan halaman dengan mudah untuk melakukan pengindeksan. Dengan menghubungkan secara internal lewat link, bot tahu bahwa ada penunjuk ke konten lain yang terkait di situs yang memberikan internal link ke halaman lain.

Semoga artikel ini membantu Anda memahami manfaat internal link sebagai salah satu strategi SEO. Bangun internal link segera dan ingat buatlah hanya untuk artikel dengan topik yang sama dengan menggunakan teks jangkar yang tepat. Dan yang terpenting, buat artikel yang menarik dan bermanfaat.

 

Manfaat Internal Link Untuk SEO – Belajar SEO

 

One thought on “6 Manfaat Internal Link Untuk SEO

  1. Terima kasih atas share yang bagus sekali ini Pak, saya mengikuti apa yang Bapak jelasnya, semua menarik sekali buat saya, sekarang saya lagi sedang dalam tahap belajar bagaimana web saya bisa dikenal orang (pemakai internet),sekali lagi terima kasih Pak, saya merasa terbantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *