Google PageRank Resmi Menghapus Toolbar PR

Posted on

Pada Maret 2016 lalu, Google menginformasikan kepada situs Search Engine Land bahwa akan menghapus Toolbar PageRank (PR). Artinya bahwa tootlbar di browser yang menunjukkan angka data PageRank dari Google tidak akan menampilkan data sama sekali alias kembali 0 lagi. Dan benar, pada pertengahan bulan April 2016 ini semua data PR situs atau blog kembali menjadi 0.

Seperti yang kita ketahui bahwa PageRank adalah sistem untuk peringkat halaman web yang dikembangkan oleh Larry Page dan  Sergey Brin yang dipakai oleh mesin pencari Google. PR untuk menentukan halaman mana yang paling penting berdasarkan penghitungan skor Link pada halaman tersebut. Skor ini kemudian digunakan bersama algoritme yang lain untuk menentukan apakah halaman akan mendapat peringkat yang baik dalam hasil pencarian.

Namun, Google juga menjelaskan bahwa masih akan menggunakan data PageRank dalam algoritma mesin pencari Google untuk menentukan peringkat, tetapi skor PageRank eksternal yang ditampilkan di toolbar akan dihapus sepenuhnya. Sejak update terakhir 2013 lalu, Google telah berhenti mengupdate PageRank di Toolbars dan belum memperbarui skor PR sampai April 2016 ini.

Bagaimana setelah data skor PageRank tidak digunakan?

PageRank akhirnya kembali menjadi rahasia algoritma Google. Hanya Google yang akan tahu berapa nilai atau skor PR halaman website, yang nantinya akan digabungkan dengan algoritma lainnya sebagai penentu hasil peringkat di mesin pencari Google (SERP).

Para penggeliat SEO dengan tidak adanya nilai PageRank akan berusaha untuk mencari alternatif bagaimana halaman website mendapat nilai baik. Namun tetap hanya bisa menebak karena hanya Google saja yang tahu skor PageRank sebenarnya untuk halaman website. Selain itu akan berusaha mengoptimasi algoritma yang lain karena, skor PR bukan satu-satunya hal yang menentukan apakah halaman mendapat peringkat baik di SERP.

Akhirnya, dengan tidak dapat melihat skor PageRank lagi, setidaknya orang tidak akan melakukan spam berlebihan kepada website yang memiliki skor PR tinggi dengan membuat komentar maupun penanaman backlink yang bisa membuat pemilik website menggunakan atribut “nofollow” untuk menghindari kemungkinan mendapat hukuman dari Google. Bagi pengunjung yang benar-benar ingin mencari informasi dapat menikmati website dengan nyaman tanpa harus melihat komentar out of topic yang sekedar mencari backlink dari website ber- PR tinggi.

Saat ini, kualitas konten yang kemungkinan besar akan menjadi penentu paling besar di hasil mesin pencarian.

 

Google PageRank Resmi Menghapus Toolbar PR – Lentera SEO

One thought on “Google PageRank Resmi Menghapus Toolbar PR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *