Gejala Penyakit Jantung Koroner

Posted on

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Gejala penyakit jantung koroner sangat penting untuk kita ketahui agar sebelum terjadi hal – hal yang lebih berbahaya kita sudah dapat mengenali dan mencegah penyakit jantung koroner lebih parah lagi, cobalah untuk memberikan sedikit perhatian jika terdapat gejala yang mungkin terjadi pada diri anda.
Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit jantung koroner yang perlu kita perhatikan agar bahaya yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner dapat lebih dini dicegah. Beberapa gejala penyakit jantung koroner adalah :

1. Nyeri pada dada.

Nyeri di dada adalah gejala klasik dari serangan jantung walaupun tidak semua serangan jantung menyebabkan nyeri dada dan nyeri dada dapat berasal dari penyakit yang tidak ada hubungannya dengan jantung namun kita perlu memperhatikan kekhawatiran ini.

Sebaiknya jika terdapat gejala seperti nyeri pada dada yang sesekali datang periksalah ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Nyeri dada-hati terkait sering berpusat di bawah tulang dada, mungkin sedikit ke kiri dari pusat.

2. Mudah Lelah.

Khususnya di kalangan perempuan, kelelahan yang tidak biasa dapat terjadi pada hari-hari dan minggu-minggu menjelang terjadinya serangan jantung. Dan merasa lelah sepanjang waktu mungkin merupakan gejala gagal jantung.

Tentu saja, Anda juga dapat merasa lelah atau letih karena alasan lain. Bagaimana Anda bisa tahu kelelahan yang berhubungan dengan jantung dari jenis lain kelelahan? Cobalah untuk beristirahat lebih banyak dan minum vitamin yang dapat memperbaiki metabolisme anda seperti Vitamin C ataupun Vitamin B Kompleks.

3. Sesak Napas / Dada terasa ditekan.

Sesak nafas merupakan gejala penyakit jantung yang paling umum dan patut dicurigai keberadaannya karena pernafasan berhubungan sangat erat dengan proses pemompaan darah di jantung. Jika rasa sesak nafas dimana dada terasa ditekan atau tertindih oleh suatu benda yang berat sehingga kita kesulitan untuk bernafas dengan normal kemungkinan besar penyumbatan pada pembuluh darah sudah memasuki tahap yang sangat berbahaya, segeralah untuk ke dokter atau dalam keadaan darurat segera konsumsi produk untuk penyakit jantung seperti contoh ini.

4. Sakit pada bagian Tubuh Tertentu.

Sakit pada bagian tubuh tertentu misalnya bahu atau leher belakang sampai ke bagian punggung, bagian tangan kiri atau kanan adalah salah satu ciri gejala penyakit jantung koroner walaupun tidak seratus persen diakibatkan oleh penyakit jantung koroner, namun hal ini perlu diwaspadai karena bisa terjadi rasa sakit ini diakibatkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah arteri sehingga rasa sakit itu muncul sewaktu – waktu.

 

5. Kesemutan / rasa kebal / ba’as pada bagian tubuh.

Jika kesemutan atau rasa kebal / ba’as terjadi pada bagian tubuh tanpa penyebab tertentu (penderita diabetes biasanya juga mengalami pada bagian betis sampai kaki) kita perlu mewaspadai hal ini mungkin saja adalah salah satu dari gejala penyakit jantung koroner, karena rasa kebal / ba’as atau kesemutan tanpa penyebab dapat dicurigai telah terjadipenyumbatan pada pembuluh darah di tubuh kita dan bila penyumbatan ini terus berlanjut tidak menutup kemungkinan aliran darah makin lama makin tersumbat dan tersebar di bagian lain misalnya pembuluh darah jantung yang menyebabkan jantung koroner atau di kepala yang menyebabkan stroke.

6. Sakit Pada Kepala.

Jika kita sedang berjalan dibawah terik sinar matahari dan merasa kepala sangat sakit kemungkinan hal ini merupakan salah satu gejala penyakit jantung koroner, karena faktor denyut yang lebih cepat dan lambat mempengaruhi kinerja pembuluh darah, migrain adalah salah satu penyebab pembuluh darah yang kurang lancar atau tersumbat yang pada akhirnya akan memperbesar terjadinya faktor penyakit jantung ataupun stroke akibat penyumbatan aliran darah.

7. Mudah Berkeringat Tanpa Aktifitas.

Waspadai gejala penyakit jantung koroner jika terjadi tubuh kita berkeringat tanpa aktifitas, hal ini disebabkan karena kinerja jantung yang kurang normal. Meskipun masih ada beberapa faktor lain yang menyebabkan anda berkeringat tanpa beraktifitas namun hal ini perlu diwaspadai oleh kita, sebaiknya periksalah ke dokter untuk memastikan masalah ini.

 

8. Pembengkakan.

Salah satu ciri gejala penyakit jantung koroner adalah tubuh mengalami pembengkakan pada bagian tertentu misalnya pada bagian kaki atau tangan maupun perut. Pada umumnya pembengkakan ini terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah arteri, hal ini juga bisa terjadi pada pasien dengan penyakit diabetes ataupun kolestrol tinggi dengan penyebab yang sama yaitu aliran darah yang kurang lancar atau tersumbat.

 

9. Kecemasan Tanpa Sebab / Berdebar-debar.

Salah satu gejala penyakit jantung koroner adalah jantung yang berdebar – debar atau rasa cemas yang tidak beralasan, meskipun begitu, rasa cemas atau berdebar-debar juga disebabkan kekurangan kalium dimana akibat dari kekurangan kalium dapat menyebabkan kegagalan jantung. Waspadai hal ini dan periksalah ke dokter untuk mendapatkan asupan gizi yang baik.

 

 

Demikianlah gejala – gejala penyakit jantung koroner yang perlu diperhatikan, walaupun bukan berarti orang yang mengalami gejala tersebut sudah dapat dipastikan mengalami penyakit jantung koroner ataupun stroke, namun kita tetap perlu memperhatikan masalah diatas.

Banyak sekali penyakit yang dapat terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah kita, bayangkan apa yang kita konsumsi selama ini telah menimbulkan plak dan kotoran pada arteri pembuluh darah kita, gunakan produk yang dapat melancarkan aliran darah pada tubuh agar kita terhindar dari penyakit – penyakit yang disebabkan penyumbatan dalam darah karena lebih dari 1000 penyakit disebabkan oleh aliran darah yang tidak sehat dan lancar.

Sumber : http://www.obatjantungstroke.com/gejala-penyakit-jantung-koroner/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *