Usaha Sedang Sepi, Apakah Harus Ajukan Pinjaman?

Posted on

Usaha sedang sepi tak pelak menurunkan semangat. Bingung, apakah harus meneruskan saja tanpa ada arah yang jelas ataukah mengajukan pinjaman. Atau, adakah cara lain lagi?

Pada dasarnya mengajukan pinjaman – khususnya ke layanan perbankan, tidak ada salahnya untuk dilakukan. Namun, jangan asal ajukan pinjaman, sebaiknya atur dulu strategi dan hitung untung ruginya. Nah, berikut tips bagi Anda yang sekarang ini sedang mengalami usaha sedang sepi. Jangan menyerah!

dana pinjaman

 

Jangan Menyerah Saat Usaha Sedang Sepi dan Tampak Akan Bangkrut

1 Cari dana lunak

Jika memang Anda butuh dana untuk kembali mengembangkan usaha maka terlebih dahulu untuk cari dana lunak saja. Dengan pinjaman lunak, setidaknya Anda tidak begitu dipusingkan dengan bunga yang cukup tinggi dan tenor. Arus kas juga tentu lebih terjaga, bukan? Ya tentu saja tetap ada harus berikan keuntungan bagi keluarga atau rekan Anda yang Anda pinjam uangnya. Caranya bisa dengan membagi keuntungan setiap bulannya dan sebagainya.

Meminjam uang lewat lembaga keuangan bisa Anda lakukan dengan syarat usaha telah berjalan selama setahun. Pilih layanan perbankan atau keuangan serta produk yang memang sesuai kemampuan dan kebutuhan Anda.

2. Prediksi potensi bisnis

Meski sedang sepi sekalipun, potensi bisnis tetap ada. Namun, Anda dapat evaluasi terlebih dahulu. Apa penyebab usaha Anda sedang sepi kali ini? Apakah lokasi, waktu yang kurang tepat dan sebagainya. Dari situ, Anda bisa memastikan apakah Anda memang benar-benar butuh dana untuk ekspansi usaha atau tidak.

3. Kemampuan cicilan utang

Nah, kemudian, Anda bisa bandingkan dengan kemampuan cicilan utang Anda di kemudian hari. Oleh karena itu, Anda bisa membuat rencana anggaran. Hitung dana operasional setiap bulan, gaji pegawai apabila ada pegawai dan biaya pengeluaran rutin lainnya. Nah, kemudian bandingkan biaya rutin tersebut dengan penghasilan per bulan. Selisih tersebut dapat dijadikan sebagai batas maksimal nominal cicilan utang Anda per bulan.

Selanjutnya, pilihan kredit juga menentukan. Jika Anda tidak memiliki agunan, tidak perlu kuatir! Sekarang terdapat pinjaman tanpa jaminan yang bisa Anda peroleh dari layanan perbankan. Anda tetap bisa mengembangkan usaha meskipun Anda belum memiliki aset. Yang penting atur keuangan dan manajemen usaha Anda dengan baik. Kelak usaha yang sepi sekalipun bisa berkembang jadi besar. Salam sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *