Unlimited Bandwidth Itu Tidak Ada

Posted on

Banyak penyedia jasa layanan hosting memberikan penawaran unlimited bandwidth dan space disk. Benarkah itu? Saya berani mengatakan hal itu tidak 100% benar. Tetap ada limit karena bandwidth dan space bukan seperti udara yang tiada batasnya, artinya embel-embel unlimited hanya sebagai  istilah dalam dunia marketing hosting. Pelanggan akan tetap terkena limit jika penggunaan diluar batas normal. Jika bandwidth unmetered (tidak dihitung) mungkin benar.

Situs yang baru dibuat yang mungkin baru admin-nya sendiri pengunjung situs tersebut, tidak membutuhkan bandwidth yang besar. Logikanya, pihak web hosting tidak akan memberikan bandwidth yang besar meskipun memberi fasilitas unlimited, yang akan mubazir karena tidak digunakan. Seiring waktu, kemungkinan akan menambah kuota jika situs mulai ramai pengunjung.

pengertian bandwidth

Mungkin ada yang bertanya berapa banyak bandwidth yang dibutuhkan untuk sebuah situs? Pertama kali Anda harus tahu, apakah bandwidth itu? Bandwidth mengacu pada “transfer data” antara situs dan pengguna online. Dalam web hosting, bandwidth (lebar pita) dapat diartikan besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dengan memiliki kapasitas tertentu dalam suatu periode tertentu.

Sebagai gambaran singkat tentang pemakaian bandwidth. Misalkan mendapat jatah bandwidth sebesar 1 GB per bulan, besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh klien adalah 1 GB, jika bandwidth habis sebelum satu bulan, maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan berikutnya. Data transfer serta banyaknya fitur di dalam situs seperti gambar, video, suara, dan lainnya, akan membuat bandwidth cepat habis.

 

Unlimited Bandwidth Itu Tidak Ada

 

Setelah memahami pengertian bandwidth di atas, sekarang Anda perlu berapa banyak bandwidth untuk situs anda. Jika merencanakan sebuah situs yang bakalan ramai seperti forum, harus mencari perusahaan hosting yang menyediakan bandwidth cukup tinggi, bagaimana kecepatan server, jaringan dan sistem, pelayanan dan tentu saja harga.

Jika memilih perusahaan hosting dengan fasilitas bandwidth unlimited, sebenarnya tidak ada. Berapa pun besarnya bandwidth yang diberikan, meskipun tidak dihitung (unmetered), pasti ada limit-nya (ambang batas) karena ada nilai/angka yang tidak bisa dilewati. Anda perlu melihat berapa kebutuhan bandwidth untuk menentukan paket bandwidth yang dapat menangani situs Anda.

Jangan terkejut, jika memilih paket unlimited tiba-tiba disodorkan penawaran upgrade hosting karena situs Anda mulai ramai atau situs tiba-tiba down. Selain bandwidth ada juga faktor lain penyebab situs tidak berjalan normal. Luangkan waktu untuk menentukan berapa banyak bandwidth, space serta resource yang dibutuhkan untuk situs Anda. Cari penyedia hosting yang menawarkan pilihan scalable untuk jumlah yang Anda butuhkan. Anda harus bisa memperkirakan rata-rata ukuran halaman situs Anda dalam kilobytes, melihat rata-rata pengunjung bulanan, dan mengkalikannya dengan rata-rata jumlah page view dibagi jumlah pengunjung. Setelah mendapatkan hasil yang tepat, Anda baru bisa mulai berbelanja kebutuhan web hosting untuk situs Anda.

One thought on “Unlimited Bandwidth Itu Tidak Ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *