Penggunakan Script Anti AdBlock Dapat Mengurangi Visitor

Posted on

Apakah menggunakan script anti AdBlock dapat mengurangi visitor blog? Jawaban untuk pertanyaan ini sudah pasti adalah iya benar. Dengan menggunakan anti AdBlock, dapat mengurangi pengunjung blog yang mengaktifkan fitur AdBlock di browser-nya.

Sebelumnya, yang dimaksud dengan anti adblock adalah script yang bekerja untuk pengunjung blog yang memanfaatkan adblock untuk memblokir tampilan iklan pada blog seperti iklan google adsense atau yang lainnya. Dengan demikian pengunjung blog tidak akan melihat iklan di blog tersebut. Sedangkan Anti Adblock adalah script untuk mematikan fungsi AdBlock. Jika browser ada script AdBlock otomatis muncul peringatan blog tidak dapat dilihat. Jika ingin melihat blog, AdBlock harus dinonaktifkan terlebih dahulu atau menambah white list untuk blog tersebut.

Script Anti AdBlock Dapat Mengurangi Visitor

 

Script Anti AdBlock Mengurangi Visitor

 

Artikel ini saya buat setelah melihat trafik salah satu blog saya tiba-tiba naik sekitar 300% dari biasanya. Meskipun hanya terjadi 3 hari, namun kenaikan ini membuat saya ingin menganalisa.

Awalnya saya memasang script anti adblock untuk blog http://padamu.net lewat theme yang saya gunakan (bukan plugin) dan berjalan sempurna. Namun script ini tidak berfungsi jika pengguna menggunakan anti adblock killer yaitu script terbaru dari adblock.

Saya memakai script anti adblock dengan harapan google adsense bisa bertambah, ternyata tidak ada perubahan sama sekali. Hasil adsense tetap saja (kecil). Akhirnya tiga hari yang lalu, saya mencoba menonaktifkan script anti adblock tersebut. Dan ternyata hasilnya……

Justru trafik melonjak tajam. Yang biasanya rata-rata 1000 kunjungan per hari bisa mencapai 3000 setelah script anti adblock saya lepas (dinonaktifkan). Dan adsense pun ternyata ikut naik.

Ini hasil screenshot yang saya ambil tgl 23 Nov sekitar jam 20.30 (artinya masih ada peningkatan untuk tgl 23)

statistik
Hasil google adsense pun, selama tiga hari itu menjadi tertinggi dibandingkan blog lain saya, yang ada adsense-nya.

Kesimpulan:

Menurut saya penggunaan script anti AdBlock dapat mengurangi visitor blog. Meskipun artikel menarik, sepertinya pengunjung akan menutup blog tanpa mengikuti saran untuk menonaktifkan adblock. Barangkali punya pikiran, “masih banyak blog lain kok…..”

Dengan demikian blog akan berkurang pengunjungnya dan terjadi bounce rate yang cukup tinggi.

Namun anehnya, kenapa adsense malah meningkat juga seiring naiknya trafik? (asumsi saya, iklan tidak muncul karena ada adblock). Bingung juga, pasang anti adblock supaya adsense meningkat malah terjadi sebaliknya. Akhirnya saya lepas saja anti adblock, meskipun iklan tidak tampil, semoga artikel bermafaat bagi pengunjung.

 

 

Script Anti AdBlock Dapat Mengurangi Visitor – Lentera SEO

One thought on “Penggunakan Script Anti AdBlock Dapat Mengurangi Visitor

  1. penghasilan adsense naik karena iklan yang tampil kebetulan terkait dengan konten. lagipula visitor berkurang dan bounce rate jadi tinggi karena kurang pintar saja, sebagai contoh script untuk memblokir iklan diberi tulisan stop adblock, matikan adblock, bla bla bla… akhirnya visitor gone away. coba kalo dikasih tulisan lain ya enggak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *