Pengertian Mesin Pencari (Search Engine)

Posted on

Kalau hendak mempelajari atau belajar SEO setidaknya mengenal terlebih dahulu, apakah yang dimaksud dengan mesin pencari (search engine) itu? Karena bagaimanapun juga, SEO tidak terlepas dari mesin pencari. Pengertian mesin pencari adalah program atau aplikasi yang dirancang untuk mencari dokumen maupun file dengan menggunakan kata kunci dan mengembalikan hasil dari setiap dokumen atau file yang berisi kata kunci tersebut dari data-data (sumber data/database) yang ada.

Sebuah mesin pencari dapat dibuat atau diterapkan untuk lokal seperti pencarian dalam komputer, software maupun pencarian secara global dengan memanfaatkan jaringan seperti intranet (private network) dan internet lewat situs mesin pencari.

Saat ini, ada ribuan situs mesin pencari yang berbeda tersedia di Internet, masing-masing memiliki kemampuan dan fitur sendiri-sendiri. Mesin pencari pertama yang pernah dikembangkan adalah Archie yang awalnya digunakan untuk mencari FTP file dan mesin pencari berbasis teks pertama adalah Veronica. Saat ini, situs mesin pencari yang paling populer dan terkenal adalah Google. Mesin pencari populer lainnya seperti Yandex, Baidu, AOL, Ask.com, Bing dan Yahoo.

Cara mengakses mesin pencari

Untuk menggunakan situs mesin pencari, dapat dilakukan/diakses melalui peramban (browser) di komputer, smartphone, tablet, atau perangkat lainnya.

Bagaimana mesin pencari bekerja

Situs mesin pencari memiliki crawler  atau biasanya disebut robot atau laba-laba untuk mengunjungi jutaan halaman website secara otomatis. Setelah halaman dijelajahi, data yang terdapat dalam halaman tersebut diproses dan diindeks ke dalam database. Data yang dikumpulkan digunakan untuk menentukan peringkat halaman dan merupakan metode utama mesin pencari dalam menentukan apakah halaman tersebut harus ditampilkan dan dalam rangka tujuan apa.

Akhirnya, setelah data diproses dimuat ke dalam memori utama di mana dapat diakses ketika pencarian dilakukan. Sebagai contoh dapat dibaca cara kerja mesin pencari Google.

Mesin pencari memiliki jutaan bahkan kadang-kadang milyaran halaman dalam database-nya, sehingga mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian tergantung pada kepentingan penggunanya. Untuk menampilkan urutan/ranking hasil pencarian ditentukan dengan menggunakan berbagai algoritma yang secara umum memiliki faktor:

  • Kata kunci (keyword)
  • Frekuensi halaman yang terjadi.
  • Link dari/ke halaman lain.
  • Gambar atau media lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *