Pengertian Domain

Posted on

Apa itu domain? Pengertian domain dalam internet adalah sistem penamaan user-friendly (ramah pengguna/bersahabat) yang memungkinkan orang untuk dengan mudah menavigasi server web dan halaman web. Dengan adanya domain, membuat orang dengan mudah setiap kali mereka ingin mengakses halaman web tertentu daripada mengetikkan alamat IP sebenarnya yang berupa karakter string seperti 12.23.456.789. Sedangkan pengertian domain secara umum adalah wilayah; daerah; ranah (kamus besar bahasa Indonesia).

Penamaan nama domain hanya diijinkan menggunakan huruf dan angka serta garis penghubung (hypen). Penggunaan huruf kapital dan huruf kecil pada domain diabaikan. Artinya: Lenteraseo.Com, LENTERASEO.COM. LenteraSEO.CoM akan tetap menuju halaman lenteraseo.com.

Domain terdiri dari beberapa bagian yaitu:

  1. nama domain.extension misalkan lenteraseo.com
  2. subdomain.domain.extension misalkan www.lenteraseo.com atau blog.lenteraseo.com.

Sedangkan Extension untuk domain saat ini sangat banyak, namun secara umum terbagi jadi 2 bagian yaitu:

  1. generic TOP LEVEL DOMAIN (gTLD) atau domain internasional.
  2. country-code Top Level Domain (ccTLD) atau domain negara.

Pertanyaan Seputar Nama Domain

Mengapa nama domain yang penting?

Sebuah nama domain adalah dasar dari website. DOMAIN adalah alamat website kita dimana dipergunakan untuk mempermudah pengunjung umum untuk berkunjung ke website kita. Karena itulah, perlu memiliki nama domain yang mudah diingat agar pengunjung website dengan mudah menemukan kita secara online. Jadi mendaftarkan nama domain terbaik adalah penting.

Bagaimana mendaftarkan domain terbaik?

Sebuah nama domain yang baik adalah sebuah URL ringkas, mudah diingat, mudah untuk mengetik dan mencerminkan subjek (topik utama) situs web. Jadi hindari menggunakan tanda hubung, angka atau kata-kata yang tidak perlu untuk membuat mudah bagi pengunjung untuk mengingat dan menemukan kembali website Anda. Ingat: Sebuah nama domain yang bagus adalah salah satu yang pengunjung dapat mengetik dengan benar pada saat pertama kali mereka menulis.

Bagaimana membeli nama domain?

Membeli domain itu mudah. Cari layanan penyedia pendaftaran domain (registrar). Mulailah dengan mengetikkan domain yang tepat yang Anda inginkan, atau hanya kata kunci yang diminati, ke dalam alat pencarian domain yang tersedia.

Bagaimana cara mengetahui  jika nama domain tersedia?

Sebuah nama domain hanya bisa didaftarkan dan dimiliki oleh satu orang saja. Jika suatu domain sudah dimiliki oleh orang lain, maka kita harus mencari dan memilih domain lain. Namun kita bisa menunggu hingga domain itu expired atau tidak diperpanjang kembali oleh pemiliknya atau membeli domain tersebut kepada pemiliknya. Untuk mengetahui apakah domain masih tersedia atau siapa pemilik domain tersebut, bisa menggunakan situs penyedia  Whois Lookup .

Apa yang dapat dilakukan dengan nama domain?

Nama domain dapat digunakan untuk beberapa macam fungsi. Umumnya adalah untuk nama alamat website namun penggunaan domain bisa untuk alamat email terutama bagi pebisnis agar terkesan lebih profesional dengan nama sendiri dibandingkan menggunakan nama email gratisan, misalkan email admin@lenteraseo.com lebih keren daripada adminlenteraseo@gmail.com. Selain itu, nama domain bisa digunakan untuk mengganti nama subdomain (custom domain) layanan blog gratisan seperti blogspot, weebly dan lainnya serta meneruskan custom domain ke akun media sosial, seperti profil Twitter atau Periscope.

Seputar Nama Domain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *