Pengertian City Branding (Citra kota)

Posted on

City branding (Citra kota) adalah upaya untuk menempatkan citra kota yang kuat di regional maupun global. sebagai identitas kota. City branding berguna untuk memasarkan segala aktivitas kegiatan yang ada di kota tersebut. Hal ini dipengaruhi juga oleh tata rencana kota yang strategis untuk masa kini dan masa akan datang, untuk membuat positioning yang kuat di dalam target pemasaran kota.

city branding

Membentuk Identitas Kota dengan City Branding bukannya hal yang mudah mengingat tantangan yang utama adalah berada di sekitar persoalan, bagaimana usaha untuk membentuk suatu perlindungan citra kota yang berkoherensi dalam ragam lintas area yang berbeda dari kegiatan dengan beragam target pengguna, namun di saat yang sama membentuk komunikasi citra kota yang sektor-spesifik. Dan itu adalah hal yang unik karena semua kota juga tidak dapat melakukan dengan cara yang sama  untuk membentuk identitas kota.

Saat ini masih banyak konsep city branding kota-kota di Indonesia terindikasi masih parsial dengan sekedar penggunaan logo atau slogan, untuk itu perlu ditingkatkan penerapannya. Diperlukan suatu perencanaan pembentukan citra yang lebih mendalam untuk mewujudkan city branding yang optimal. Secara umum terdapat tiga karakteristik dalam tahap city branding yang sedang berkembang, yaitu substansi citra, konsumen citra dan bagaimana citra dapat dikonsumsi. Tiga karakteristik ini perlu diakomodasi oleh perencanaan citra kota yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *