Pedoman Webmaster Google

Posted on

Pedoman Webmaster Google memberikan arahan kepada Anda untuk membantu Google dalam memahami situs Anda. Pedoman tersebut memberikan kiat tentang cara membuat situs berkualitas tinggi yang dapat diakses, dipahami, dipercaya, dan ditampilkan di hasil penelusuran oleh Googlebot sebagai perayap web Google.

Pedoman Webmaster Google

1. Pedoman desain dan konten

Praktik yang lebih baik adalah menggunakan teks, bukan gambar, untuk menampilkan nama, konten, atau tautan yang penting di situs Anda. Google dan mesin telusur lainnya berfokus pada teks yang dapat ditemukan dan dibaca di laman. Kata di laman membantu mesin telusur memahami topik laman tersebut dan konteksnya, yang mungkin berguna bagi penelusur nantinya. Jika Anda menggunakan gambar untuk konten tekstual, pertimbangkan menggunakan atribut “alt” untuk menyertakan beberapa kata deskriptif karena Googlebot tidak mengenali teks dalam gambar. Selain itu, pikirkan kata-kata yang akan diketik pengguna untuk mencari laman Anda, dan pastikan bahwa situs Anda memuat kata-kata itu. Seperti biasanya, periksa tautan rusak dan HTML yang benar. Tautan rusak atau laman yang tidak muncul dengan benar dapat menghalangi pengunjung ke situs Anda.

2. Pedoman teknis 

File robots.txt memberi petunjuk kepada perayap mesin telusur tentang laman apa yang perlu dirayapi dan yang tidak. Jika tidak memiliki laman yang perlu diblokir dari perayapan, Anda tidak memerlukan file robots.txt. Sebaiknya Anda menggunakan file robots.txt untuk mencegah perayapan laman yang tidak menambahkan banyak nilai bagi pengunjung, seperti laman hasil penelusuran atau laman lainnya yang dibuat otomatis. Terkadang para webmaster tidak sengaja memberi tahu mesin telusur untuk tidak merayapi situs mereka dengan file robots.txt yang tidak dikonfigurasi dengan benar. Pastikan hal ini tidak terjadi pada situs Anda! Anda dapat menguji apakah Google dapat mengakses laman di situs Anda menggunakan alat Penguji robots.txt. Perilaku browser kadang berbeda satu sama lain, maka sebaiknya Anda juga menguji situs Anda di browser lain untuk memastikan bahwa situs muncul dengan benar.

3. Pedoman kualitas 

Pedoman kami sangatlah penting jika Anda ingin situs muncul dan diberi peringkat baik di penelusuran Google. Pedoman kualitas penting terutama karena menguraikan beberapa praktik terlarang yang dapat menyebabkan situs Anda dibuang dari indeks Google.

Berikut beberapa prinsip dasar pedoman kualitas kami:

  1. Buat laman untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur: Saat membuat perubahan ke situs, pastikan Anda melakukannya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, bukan untuk mencoba agar berperingkat lebih baik di hasil penelusuran. Sebuah pertanyaan berguna adalah, “Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika mesin telusur tidak ada?”
  2. Jangan menipu pengguna Anda: Jangan lakukan hal-hal licik yang tidak disukai pengguna, seperti secara otomatis mengarahkan pengguna ke laman atau situs yang tidak ingin mereka kunjungi.
  3. Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur: Akankan Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan terhadap situs web pesaing atau karyawan Google?
  4. Buat konten asli dan berkualitas tinggi. Membuat konten berharga sebagai penyegar.

Biasakan diri dengan semua pedoman Google jika ingin situs Anda terindeks dengan baik. Pelajari lebih lanjut dengan membaca bagian Pedoman Webmaster Google

One thought on “Pedoman Webmaster Google

Comments are closed.