Meta tag Keyword sudah tidak berguna di 2015

Posted on

Meta tag Keyword (kata kunci) sudah tidak berguna dalam peringkat pencarian web Google. Sebenarnya hal ini sudah berlangsung lama, tahun 2009 Google Matt Cutts memposting di Blog resmi Google, “Google doesn’t use the ‘keywords’ meta tag in our web search ranking.”(Google tidak menggunakan meta tag ‘kata kunci’ dalam web peringkat pencarian kami).

Contoh Meta tag Keyword yang diletakkan pada <head>

<meta content=’ keywords, keywords, keywords’ name=’keywords’/>

Mengapa tidak Google menggunakan meta tag kata kunci/keyword ?

Sekitar satu dekade lalu, mesin pencari menilai hanya pada isi halaman web, tidak ada yang disebut “off-page” faktor-faktor seperti link yang menunjuk ke halaman web (backlink). Pada masa itu, meta tag kata kunci menjadi daerah di mana seseorang bisa menempatkan kata kunci sembarangan yang sering tidak relevan. Dan pengunjung tifak pernah melihat kata kunci tersebut. Karena kata kunci meta tag yang sering disalahgunakan, maka Google mulai mengabaikan kata kunci meta tag.

Apakah Google mengabaikan semua meta tag?

Tidak, Google mendukung beberapa meta tag lainnya. Sebagai contoh, Google terkadang menggunakan meta tag “description” sebagai teks untuk hasil pencarian potongan hasil pencarian, sebagai contoh:

Mesin pencari Bing apakah menggunakan meta tag kata kunci/keyword ?

Beberapa ahli SEO mengungkapkan, ya. Namun bukan sebagai penentu peringkat melainkan sebagai sinyal spam. Jika terdapat keyword yang tidak relevan dan berlebihan, bisa menjadi tanda spam. Di pedoman Bing Webmaster Tools tidak ditemukan adanya penggunaan meta tag keyword. Baca pedoman Bing untuk webmaster untuk mendapatkan gambaran penuh.

Search engine telah mengambil langkah lebih lanjut dan menyatakan bahwa meta tag kata kunci bisa menjadi sinyal spam.

Solusinya: Berhenti menggunakan Meta Tag keyword