Mengapa Visual Editor WordPress Tidak Muncul

Posted on

Mengapa visual editor wordpress tidak muncul pada beberapa blog yang saya kelola? Padahal, seingat saya, tidak pernah melakukan apapun. Theme atau plugin tetap seperti dahulu sebelum visual editor muncul tidak blank. Daripada pusing saya coba refresh browser yang biasanya penyebab visual editor blank. Namun tetap bermasalah, bahkan reset modem dan komputer pun tidak membuahkan hasil. Tampilannya seperti ini:

visual editor wordpress blank

Tidak enak buat artikel jika visual editor tidak berfungsi. Ternyata di forum wordpress english banyak yang mengalami hal serupa yaitu masalah “visual editor wordpress not working” atau “blank” setelah upgrade ke versi baru. Permasalahan saya, tidak melakukan upgrade, namun tiba-tiba editor kosong. Akhirnya saya melakukan langkah-langkah seperti yang disarankan di forum wordpress tersebut.

Apa yang sudah saya coba:

  1. Update ke versi WP terbaru 4.4.2 dan mengupdate plugin yang ada serta thema
  2. Menonaktifkan semua plugin, untuk memastikan tidak ada konflik
  3. Mengubah ke tema default WordPress
  4. Memastikan semua hak akses file benar
  5. Memeriksa file .htaccess – tidak menunjukkan perubahan selain standar WordPress.
  6. Mencoba menggunakan plugin “Use Google Libraries” yang katanya bisa membantu, jadi saya diinstal. Tidak ada perubahan.
  7. Upgrade php ke versi lebih tinggi
  8. Menambahkan “define ( ‘CONCATENATE_SCRIPTS'”, false); ke wp-config.php
  9. Mengaktifkan modus Debug – ternyata tidak menunjukkan ada kesalahan

Namun semua yang saya coba tidak berhasil, visual editor masih rusak, blank atau tidak ada tombol-tombol editor. Hampir semua cara telah saya coba baik itu trik lama maupun terbaru. Semua gagal. Saya hampir frustasi dan berencana akan install ulang wordpress. Yang terpenting semua posting harus dibackup dulu.

 

Visual Editor WordPress Akhirnya Muncul

Namun, saya berpikir lagi, jika install ulang akan memakan waktu yang banyak, harus menata ulang kembali thema, wigdet, plugin dan sebagainya. Saya putuskan untuk mencoba menghapus file yang mungkin bermasalah. Sasaran saya adalah wp-includes dimana ada file yang berisi js tynimce yang berfungsi sebagai editor.

Lewat CPanel, folder wp-includes saya hapus dan mengupload folder wp-includes yang terbaru dari core wp yang saya download. Setelah itu, rencana juga akan mengganti folder wp-admin juga. Namun terlebih dahulu saya coba membuat artikel baru, dan ternyata: visual editor wordpress yang tidak muncul, tampil dengan sempurna. Nggak jadi hapus wp-admin seperti yang disarankan.

visual editor wordpress normal

Pengalaman-pengalaman terdahulu jika visual editor tidak muncul atau tombol menu tidak berfungsi dengan baik, biasanya cukup refresh browser. Jika masih bermasalah, hapus data penjelajahan termasuk cookie, cache browser dan yang terakhir reset modem dan restart komputer. Biasanya beres. Namun kali ini agak berat, sampai harus mengganti wp-includes setelah cara-cara di atas tidak berhasil.

 

Visual editor WordPress – Lentera SEO

 

One thought on “Mengapa Visual Editor WordPress Tidak Muncul

  1. selamat petang. . . saya juga mengalami maslah yang sama. . .sudah clear cache menambah kan code define(‘CONCATENATE_SCRIPTS’, false); tetap juga tidak berhasil. . .cuma belum mendapatkan cara bagaimana untuk menggantikan wp-includes. . . kalau saya sudah padam wp-includes, dimana saya nak dapatkan wp-includes yang baru?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *