Mungkinkah Menggadaikan Mobil Tanpa BPKB?

Posted on

Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan dokumen resmi kepemilikan atas kendaraan bermotor yang telah di atur dalam undang-undang. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) sangatlah penting karena berisi tentang asal usul, kondisi kendaraan bermotor tersebut.

Identifikasi Kendaraan Bermotor yang tertera dalam BPKB bertujuan untuk kepentingan tugas-tugas POLRI dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama yang berkaitan dengan penyelidikan/penyidikan pada kasus pelanggaran dan kejahatan yang berkaitan dengan kendaraan bermotor. Untuk itulah perlu diambil langkah-langkah guna menyamakan persepsi dan tindakan dalam proses penerbitan BPKB terutama mekanisme dan prosedur penerbitan BPKB.

Mengadaikan Mobil Tanpa BPKB

Jika ada pertanyaan, mungkinkah menggadaikan mobil tanpa adanya BPKB? Jawabannya ada dua yaitu mungkin (bisa) dan tidak  mungkin (tidak bisa). Lembaga keuangan baik itu bank maupun bukan bank yang menyelenggarakan layanan pinjaman uang pasti memiliki aturan bahwa setiap kendaraan bermotor yang menjadi agunan peminjaman uang harus memiliki BPKB resmi. Sistem gadai mobil tanpa BPKB bisa saja dimungkinkan terjadi apabila unit mobil menjadi agunan dan dipegang/dikuasai oleh pemberi kredit tanpa harus menyertakan BPKB-nya. Namun ingat, mobil tersebut memiliki BPKB yang resmi.

Yang biasanya menerima gadai mobil tanpa BPKB adalah PT Pegadaian atau perseorangan. Artinya, kita menyerahkan unit mobil sebagai jaminan pinjaman uang tanpa harus menyertakan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) aslinya namun hanya menunjukkan sebagai bukti bahwa mobil tersebut benar-benar milik kita. Umumnya yang diminta hanya foto copy-nya saja.

Pemberi kredit tentu tidak ingin memiliki resiko berurusan dengan pihak berwajib jika unit mobil yang digadaikan adalah mobil bodong atau mobil hasil kejahatan. Jika demikian, maka menggadaikan mobil tanpa adanya BPKB tidak mungkin dilayani.

Saat ini, banyak program layanan dari bank maupun perusahaan pembiayaan (multi leasing) yang menerapkan gadai BPKB mobil tanpa harus menyerahkan unit mobil-nya. Hanya dilihat fisik kendaraan sebagai bahan evaluasi kredit. Namun, jika ingin pinjam uang cepat dengan sistem gadai untuk unit mobil yang tanpa bisa menunjukkan bpkb-nya karena masih kredit di leasing lain, Siduit Indonesia bisa menjalankan program take over kredit terhadap beberapa perusahaan pembiayaan resmi yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *