Apakah Niche Blog Itu?

Posted on

Bagi webmaster atau blogger, istilah niche blog atau niche website barangkali sudah akrab dan sudah paham maksud dan tujuannya. Namun bagi sebagian newbie atau orang yang baru masuk ke dunia  blogging, istilah niche merasa asing dan tidak mengerti. Jika pun mencari terjemahan dari kata “niche” di kamus bahasa Inggris – Indonesia mungkin saja masih bingung karena artinya berbeda.

Banyak blogger mengartikan “niche” sama dengan topik, yang berarti “niche blog” sama dengan “topik blog” yaitu pokok pembahasan keseluruhan artikel yang ada blog. Misalkan, niche blog kesehatan, seluruh artikel mengulas topik pembahasan yang berhubungan dengan kesehatan. Apakah benar demikian yang dimaksud dengan niche blog atau niche website itu?

 

Pengertian Niche

Kata “niche” (bahasa Inggris) diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “ceruk”. Arti kata ceruk menurut KBBI adalah: 1 relung yang masuk ke dinding (tembok, tanah, dan sebagainya); lekuk, lubang; 2 lombong (dalam tambang); 3 gua (di gunung); 4 ruang berpetak-petak (di lemari dan sebagainya); 5 sudut (pojok) di dapur (kamar, rumah, dan sebagainya); 6 lekuk (di geladak kapal dan sebagainya); 7 rongga (sela-sela dalam timbunan barang dan sebagainya); 8 serokan; teluk kecil; 9 sudut jalan; jalan kecil (simpangan dan sebagainya);

Dari sudut bahasa, pengertian niche (Inggris) dan ceruk (Indonesia) tidak berkaitan dengan masalah topik (pokok bahasan atau pembicaraan). Lantas, apakah niche blog sama dengan topik blog? Seharusnya blog ceruk atau situs ceruk (menurut terjemahan) yang artinya situs/blog yang memiliki ceruk.

Namun, pengertian niche dalam bahasa Inggris memiliki beberapa arti selain ceruk atau relung, yaitu: sebuah tempat atau posisi yang cocok atau tepat untuk orang atau suatu hal; perbedaan segmen dari sebuah pasar; dan (kata sifat) Memiliki daya tarik khusus.

Dengan demikian, jika diartikan menurut bahasa Inggris, pengertian niche website atau niche blog adalah a website/blog that focuses on specific information that is both useful and interesting for the audience.

Dengan demikian pengertian niche blog adalah sebuah website atau blog yang memiliki fokus pada informasi spesifik yang berguna dan menarik bagi pengunjungnya.

Salahkan mengartikan niche blog adalah topik blog?

Tidak, karena belum ada definisi baku (dalam bahasa Inggris) untuk menjelaskan pengertian niche blog. Yang ada niche product (a product that is made and marketed for use in a small and specialized but profitable market) dan niche market (a demand for a very specialized product or commodity)

Bisa saja, niche blog itu adalah topik (pokok bahasan) sebuah blog. Namun, topik hanya bagian dari niche yaitu informasi spesifik, belum ke fokus pengunjung yaitu berguna dan menarik.

Bagaimana niche pada sebuag blog atau situs?

Jika mau dikatakan blog memiliki sebuah niche, ada beberapa bagian yang harus terpenuhi yaitu: spesifik, informasi, berguna dan menarik.  Dengan demikian, diharapkan dapat membuat kepercayaan kepada pemirsa agar kembali lagi ke situs.

Spesifik dalam konteks niche berarti sesuatu yang berfokus pada masalah dan subjek tertentu yang didefinisikan dengan baik.

Informasi dalam konteks Situs Niche berarti konten aktual yang membahas subjek spesifik. Konten ini bisa berupa video, halaman artikel, infografis, podcast, atau sarana lain untuk menyampaikan pengetahuan tentang subjek spesifik itu. Jika Anda tidak memiliki Informasi spesifik yang ditawarkan, kemungkinan orang tidak akan tinggal lama dalam situs dan tidak ada pengunjung organik dari mesin pencari.

Berguna dalam konteks Niche berarti kualitas Informasi telah ditempatkan di situs. Mungkin situs punya banyak informasi , namun jika informasinya tidak berguna, pembaca atau pengunjung tidak akan tertarik untuk tinggal di situs.

Menarik dalam konteks Niche Websites berarti kemampuan untuk mempertahankan pengunjung di situs. Meskipun Informasi Anda mungkin Berguna, itu saja tidak akan membuat pembaca tetap tinggal kecuali jika itu menarik.

Lantas bagaimana penerapan dan contoh blog yang memiliki niche atau non niche?

Lain kali dibahas lebih lanjut, karena artikel ini sebatas pada definisi niche blog berdasarkan teori yang terkadang diabaikan. Itu pun mungkin ada yang kurang berkenan bagi master-master website.

 

Pengertian niche blog – Lentera Belajar Blog

2 thoughts on “Apakah Niche Blog Itu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *